Pembebasan Kapal Sinar Kudus Tertunda 2 Bulan

Author - April 20, 2011

Pembebasan Kapal Sinar Kudus Tertunda 2 Bulani-berita, Meski keinginan perompak Somalia sudah mencapai kesepakatan untuk membayar tebusan sebesar US$3 juta, namun tetap saja tidak menjadikan kapal MV Sinar Kudus bisa segera dilepaskan. Penyebabnya karena adanya penundaan pembayaran tebusan dari pihak PT Samudera Indonesia selaku pemiliki kapal Sinar Kudus itu. Dengan begitu, pembebasan sandera perompak Somalia terancam tertunda hingga 2 bulan mendatang.

Yunita (35), istri dari Mas Bukhin (37_, Mualim II kapal Sinar Kudus mengatakan, kabar tertundanya pembebasan itu diperolahnya dari istri kapten kapal Sinar Kudus, Slamet Juhari. PT Samudera Indonesia mengaku membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerahkan uang tebusan sebesar itu. Yunita mengaku tak tahu persis alasan PT Samudera Indonesia menunda pembayaran tebusan. Namun berdasarkan cerita istri Slamet Juhari, pembayaran membutuhkan lama karena nilai tebusan yang sangat besar, sehingga proses membawa uang juga harus dipastikan keamanannya.

“Bu Slamet yang bilang, karena dia yang sudah meminta klarifikasi ke kantor (PT Samudera Indonesia). Katanya mencairkan uang di bank senilai tiga juga dollar juga gak gampang, makanya butuh waktu lama,” urai Yunita. Terjadinya penundaan pembebasan ini semakin menambah kecemasan keluarga ABK, termasuk Yunita. Terlebih setelah komunikasi dengan ABK melalui sambungan telepon saat ini jarang bisa dilakukan, tanpa diketahui alasannya. “Kalau boleh meminta ya pengennya tebusan segera dibayarkan, agar kapal bisa secepatnya bebas dan suami saya bisa segera pulang ke rumah dengan selamat,” tandas Yunita.

Kapal MV SInar Kudus yang memuat biji nikel dibajak perompak Somalia di Laut Arab pada tanggal 16 Maret 2011 lalu, di tengah perjalanan dari Pomalaa, Sulawesi Selatan ke Rotterdam, Belanda. Kapal tersebut seharusnya sudah sampai di tujuan 34 hari setelah keberangkatannya. Dari proses negosiasi yang panjang, dikabarkan PT Samudera Indonesia akhirnya menyepakati nilai tebusan kepada perompak sebesar US$ 3 juta.

Comments Closed

Comments are closed.