Pola Negara Islam Indonesia (NII) Mirip MLM

Author - April 30, 2011

Pola Negara Islam Indonesia (NII) Mirip MLMi-berita, Jika dilihat dari segi penerimaan anggota baru yang dilakukan oleh gerakan Negara Islam Indonesia (NII), ternyata memiliki kemiripan dengan yang dilakukan oleh MLM (Multi Level Marketing). Dua orang yang bertugas melakukan perekrutan harus berhasil membawa satu anggota orang baru dan seterusnya juga bagi anggota baru untuk membawa anggota baru lainnya. “Mereka itu patah tumbuh hilang berganti, begitulah konsep, dia polanya MLM, marketing lewat mulut, setelah didekati 2 orang merekrut 1,” ujar Pengamat Intelijen, Wawan Purwanto saat acara diskusi Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (30/4/2011).

Teknisnya, lanjut Wawan para anggota NII melakukan approaching atau pendekatan, lalu berbicara dari hati ke hati, bahkan mereka juga melakukan hipnotis. “Mereka melakukan approaching, hypnos bicara hati ke hati, prosesnya sama seperti itu prosesnya juga menyangkut keimanan ajakan hijrah, jihad, tiga konsep ini yang terus digenjot,” tandas Wawan.

Selain itu juga, bagi anggota baru harus membayar sejumlah uang. Hal tersebut juga sama dengan yang dilakukan oleh MLM. Pola seperti ini diduga dilakukan oleh gerakan NII karena terlilit hutang yang besar terkait kasus bank Century. Untuk menarik para korbannya, banyak cara yang bisa dilakukan seperti penjaminan hidupnya yang akan baik, dapat memilih gadis cantik untuk dinikahi saat menjadi anggota yang tak lain wanita itu adalah sesama anggota NII.

Comments Closed

Comments are closed.