Polisi Mulai Menilang Pengendara Menggunakan HP

Author - December 1, 2010

Polisi Mulai Menilang Pengendara Menggunakan HP – Polisi akhirnya membuktikan ancaman akan menilang pengendara mobil maupun motor yang menelepon saat berkendara.Belasan Pengendara ditilang saat menggunakan alat komunikasi tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisarias Besar Royke Lumowa menjelaskan tilang dilakukan karena saat ini para pengendara semakin banyak yang handphone saat mengemudi. Hal itu membuat potensi kecelakaan lalu lintas sangat besar.

Dilansir dari vivanews Royke menuturkan selama tahun 2010, petugas telah melakukan penilangan belasan pengendara yang menggunakan handphone saat mengemudi.

Tindakan tegas itu sudah diatur dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Dalam UU itu, secara implisit menyatakan, menggunakan telepon genggam saat menyetir akan didenda Rp 750 ribu.

Aturan itu tercantum pada pasal 283 yang menyebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Comments Closed

Comments are closed.