Puluhan Binatang di Meksiko, Mati dan Membeku

Author - February 9, 2011

Puluhan Binatang di Meksiko, Mati dan Membekui-berita, Akibat menurunnya suhu yang sangat drastis yaitu mencapai pada minus 15 derajat celcius, maka penghangat listrik pun tidak berfungsi. Hal tersebut ternyata menimbulkan bencana besar bagi Kebun Binatang Chihuahua yang terletak di kota Aldama, Meksiko Utara. Dikabarkan bahwa sebanyak 65 hewan dari berbagai spesies yang berbeda telah ditemukan mati membeku. Hewan-hewan tersebut diantaranya adalah seekor monyet Capuchin, 14 burung kakatua dan parkit, 12 ular, tiga buaya, lima iguana, 10 burung merak, dan 20 ekor ayam betina. Jumlah meninggal tersebut telah mengurangi populasi di kebun binatang tersebut sebanyak 10% dan lainnya nyaris saja mengalami hal yang sama.

“Banyak faktor mengapa insiden ini terjadi. Kami terbiasa dengan cuaca dingin, namun tidak yang seperti ini,” ujar pemilik kebun binatang tersebut, Alberto Hernandez.

Penyebab pertama, ujar Hernandez, adalah turunnya suhu dalam waktu yang cepat. Suhu ekstrem dimulai pada Sabtu pekan lalu, kala itu suhu turun hingga minus 15 derajat celcius. Insiden terjadi, karena tidak adanya peringatan dari badan prakiraan cuaca pemerintah mengenai penurunan suhu tersebut. Sehingga, pihak kebun binatang tidak sempat terlambat mempersiapkannya.

Kedua, jelas Hernandez, suhu dingin yang ekstrem membuat sistem kelistrikan di kebun binatang mati, termasuk di dalamnya pemanas dan lampu di kebun binatang. Hal ini membuat penjaga malam menyalakan pemanas dari pipa gas. “Mereka menyalakan pemanas gas dan meninggalkannya, padahal mereka tidak tahu bahwa pipa gas membeku dan tidak dapat bekerja,” ujar Hernandez.

Comments Closed

Comments are closed.