Ratusan Ulat Hijau Serang Jombang

Author - April 8, 2011

Ratusan Ulat Hijau Serang Jombangi-berita, Serangan ulat yang sebelumnya telah menyerang 11 kecamatan di Kabupaten Jombang kini bertambah lagi dengan kehadiran ulat berjenis hijau yang mulai menyerang wilayah itu. Belum diketahui asal usul datangnya ulat yang berjumlah ratusan tersebut. Para warga sekitar mengaku merasa resah dan terganggu dengan serangan ulat tersebut. Ulat yang berjumlah ratusan itu menyerang belasan pohon salam di Dusun Balongombo, Desa Pundong, Kecamatan Diwek.

Ali Achmad Makhali, warga setempat mengatakan, serangan ulat tersebut terjadi sejak lima hari terakhir ini. Akibat hama itu, belasan pohon salam meranggas. Daun pohon tersebut rontok hingga menyisakan ranting saja. Untuk mengantisipasinya, warga melakukan upaya secara manual. Yakni, membakar hewan melata tersebut.

Secara fisik, hewan melata tersebut berbeda dengan ulat bulu yang menyerang kawasan kota sebelumnya. Ulat yang menyerang pohon salam tersebut sebesar kelingking anak kecil, permukaan kulitnya halus alias tidak ada bulunya. “Kalau menempel di batang, warna ulat tersebut berubah menjadi cokelat. Nah, kalau menempel di daun, ulat itu warnanya hijau,” kata Ali sembari menunjukkan ulat yang dimaksud, Jumat (8/4/2011).

Karena takut serangan semakin meluas, Ali bersama warga lainnya melaporkan kejadian itu ke PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Diwek. Selanjutnya, pagi ini sejumlah petugas melakukan pemantauan di lokasi. “Hasil pemantauan ini akan kita laporkan ke Dinas terkait,” ujar Wachid, petugas PPL Kecamatan Diwek.

Sebelumnya, serangan hama ulat bulu menyerang kawasan kota, yakni Jalan Hayam Wuruk Gang III Kelurahan Kepanjen. Hama tersebut kemudian meluas ke Kecamatan Ngusikan dan Jogoroto. Selain melakukan penyemprotan, Dinas Pertanian sudah melakukan uji laboratorium.

Comments Closed

Comments are closed.