Rektor Trisakti Diadukan ke Polisi

Author - July 29, 2011

Rektor Trisakti Diadukan ke Polisii-berita, Diduga telah memalsukan surat Inspektoral Jenderal Kemendiknas, Yayasan Trisakti telah mengadukan rektor Universitas Trisakti Thoby Mutis ke Mabes Polri. Selain itu, yayasan juga telah melaporkan pengurus Trisakti lainnya yakni Advendi Simangunsong, Prayitno dan Yuswar Z Basri. Mereka ditangkap karena telah dianggap menghalalkan segala cara untuk mempertahankan kepentingan seperti yang pemalsuan surat diatas tadi tentang pengurusan Universitas Trisakti.

“Thoby telah menghalalkan segala cara dengan mengganti secara sepihak statuta Yayasan Trisakti tahun 2001 kemudian mendirikan badan hukum Pendidikan Universitas Trisaksi pada tahun 2002,” kata salah satu pengacara Yayasan Trisakti, Patra M Zen di Mabes Polri, Jumat (29/7/2011). Dijelaskannya, Thoby yang masa jabatannya telah habis saat itu menolak diberhentikan. Padahal, Mahkamah Agung (MA) memutuskan, statuta dan badan hukum, termasuk pengangkatan Thoby sebagai rektor dianggap tidak sah sebagaimana yang tertuang dalam putusan nomor 410 K/PDT/ 2004 tertanggal 25 April 2005 .

“Putusan kasasi itu diajukan peninjauan kembali (PK) oleh Thoby. PK Thoby lalu ditolak MA melalui keputusan 63 PK/Pdt/ 2006 pada 28 Agustus 2008. Namun, Thoby dan kawan-kawan malah mengajukan gugatan Yayasan Trisakti di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Anehnya, putusan PN mengabulkan gugatan mereka,” terang Patra. “Jadi dilaporkan dua pasal, yakni pasal 263 pemalsuan dokumen, dan memberi keterangan palsu dibawah sumpah pasal 242 KUHP. Ancaman pidana 9 tahun dan memalsukan surat ancaman 6 tahun,” pungkasnya.

Comments Closed

Comments are closed.