RUUK DIY Di Tentang Sejumlah Elemen Masyarakat

Author - December 4, 2010

RUUK DIY Di Tentang Sejumlah Elemen Masyarakat – Perdebatan tentang Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (RUUK DIY) semakin memanas.Sejumlah Elemen Masyarakat menolak adanya RUUK DIY tersebut.

Situasi tersebut tak kunjung reda setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan kepada masyarakat luas terkait kontroversi pernyataannya soal “tidak boleh ada monarki yang bertentangan dengan konstitusi dan demokrasi di Indonesia.”

Sejumlah kalangan Yogyakarta merasa penjelasan tersebut tidak menjawab persoalan masalah yang terjadi saat ini yaitu munculnya kesan bahwa pemerintah pusat berkeras agar jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di tentukan melalui pemilihan, bukan ditetapkan.

Hal ini membuat sejumlah elemen masyarakat melakukan penolakan.mereka menginginkan keistimewaan Yogyakarta juga melekat pada sistem penetapan otomatis Sri Sultan Hamengkubowono dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Dikutip dari vivanews Penolakan tersebut disuarakan oleh Gerakan Rakyat Yogyakarta. ”Bagi kami tidak ada kata lain bahwa keistimewaan DIY itu Sultanku Gubernurku dan Paku Alam Wakil Gubernurku,” kata Sulistyo Admojo, Sekretaris gerakan tersebut.

Comments Closed

Comments are closed.