Sapi Argentina Hasilkan Susu Seperti ASI

Author - June 10, 2011

Sapi Argentina Hasilkan Susu Seperti ASIi-berita, Baru-baru ini, ilmuwan di Argentina telah memperkenalkan hasil percobaannya setelah memodifikasi genetik pada seekor sapi kloning, agar sapi tersebut dapat memproduksi susu seperti air susu ibu (ASI) disaat dewasa nanti. Sapi percobaan tersebut telah dinamakan dengan Rosita ISA. Rosita lahir pada 6 April lalu melalui operasi caesar karena bobotnya lebih dari 45 kilogram atau dua kali lipat dari bobot normal. Sejak lahir, sapi tersebut telah dimasukkan dua gen manusia yang akan memandu untuk memproduksi dua protein yang ada pada susu ibu dan amat penting bagi nutrisi bayi.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh ilmuwan dari Institut Teknologi Agribisnis Nasional Argentina di Buenos Aires pada Kamis waktu setempat. Saat si sapi tumbuh dewasa, ia akan menghasilkan susu seperti yang dihasilkan manusia. Susunya akan mengandung lactoferrin dan lysozyme, yang akan menghasilkan proteksi antibakteri dan antiviral yang lebih baik ketimbang susu sapi.

Ilmuwan masih harus menunggu sampai ia berusia dua tahun sebelum ia beranak dan memproduksi susu. Rosita adalah hasil kloningan yang lahir dari kerja sama institut Argentina dan Universitas Nasional San Martin, Argentina. Jika percobaan in berhasil, maka untuk kedepannya akan banyak persediaan ASI dimana bila ibunya tidak dapat mengeluarkan air susunya untuk sang bayi.

Comments Closed

Comments are closed.