Siapkah Indonesia Hadapi Bencana 2011?

Author - December 25, 2010

Siapkah Indonesia Hadapi Bencana 2011? – Bencana terus menghantui Indonesia sepanjang 2010.Puncaknya letusan Gunung Merapi di Yogayakarta dan Tsunami di Mentawai,Sumatera Barat.Namun siapkah Indonesia untuk hadapi bencana yang mungkin datang di tahun 2011.

Bencana demi bancana terus datang menghantam Indonesia di tahun 2010,namun menghadapi masalah itu Indonesia masih kewalahan dalam melakukan mitigasi. Apakah teknologi yang ada sekarang mampu untuk meminimalisir bencana serupa di tahun-tahun mendatang?

Dikutip dari inilah.com UU Nomor 24 mengenai Penanggulangan Bencana telah diterbitkan sejak 2007. Namun begitu, peneliti risiko bencana dan geolog LIPI Herryal Z Anwar menilai masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Menurutnya, kesiapan masyarakat hadapi bencana masih membutuhkan waktu, selain itu strata ekonomi yang berbeda membuat semakin sulit dalam menyiapkan kesiapan masyarakat dan mitigasi lain.

Peran pemerintah juga harus ikut andil dalam permasalahan bencana tersebut,Pemerintah diminta lebih bersungguh – sungguh lagi dalam menanggulanginya.Instansi pemerintah daerah juga ikut bekerja keras agar mengurangi korban yang mungkin terjadi di tahun 2011 nanti.

Bencana yang terakhir terjadi adalah meletusnya Gunung Merapi pada 26 Oktober 2010 lalu. Letusan tersebut menelan korban jiwa sebanyak 116 korban tewas. Korban-korban tersebut berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan tiga kabupaten di Jawa Tengah, Magelang, Boyolali dan Klaten.

Comments Closed

Comments are closed.