Status Gunung Bromo Meningkat Menjadi Awas

Author - November 24, 2010

Status Gunung Bromo Meningkat Menjadi Awasi-berita, Sejak sore hari kemarin, aktivitas gunung Bromo kembali meningkat tajam dan dinyatakan naik status menjadi awas. Padahal baru hari kemarin, aktivitas gunung ini dinaikkan dari status waspada menjadi siaga. Dengan status awas ini, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengambil langkah sterilisasi pada radius 3 km dari puncak Bromo. Meski status Gunung Bromo ini menjadi awas, namun masih terlihat sejumlah wisatawan datang untuk melihat pemandangan Bromo ini.

Radius tetap tidak berubah 3 km meski status berubah dari siaga mejadi awas. Ini termasuk lautan pasir bromo yang biasa menjadi tempat kunjungan para wisatawan. Terkait status itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Probolinggo, Edi Utomo angkat bicara. Pihaknya mengatakan akan focus pada upaya mensterilkan lautan pasir agar steril dari aktifitas warga dan wisatawan.

Untuk upaya lebih jauh, dikatakan Tutug, pihaknya telah melaporkan status awas itu pada Bupati Probolinggi Hasan Aminuddin. “Selama 24 jam kami terus memantau Gunung Bromo untuk langkah selanjutnya. Tapi, kami berharap statusnya bisa turun kembali,” pungkasnya.

Comments Closed

Comments are closed.