Syarat & Ketentuan Presiden RI 2014

Author - August 5, 2011

Syarat & Ketentuan Presiden RI 2014i-berita, Meskipun pemilihan umum Presiden masih lama, namun wacana mengenai gambaran Presiden untuk periode 2014 sudah mulai hangat dibicarakan belakangan ini. Wacana tersebut datang dari Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) yang secara terang-terangan membahas mengenai sosok yang diusungnya sebagai calon Presiden 2014, yakni Sri Mulyani Indrawati. Berbicara mengenai sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini, pengamat politik LIPI Ikrar Nusa Bhakti mengatakan bahwa latar belakang calon presiden mendatang bukan menjadi jaminan dan bukanlah hal yang penting meskipun itu berasal dari kalangan pengusaha, akademisi, aktivis dan lainnya.

Menurut Ikrar, kriteria yang terpenting yakni berani mengatakan tidak pada kepentingan asing. “Soal capres, itu 100 persen tanggung jawab kita anak-anak bangsa, bukan menjadi kacung negara-negara imperialis. Saya bukan anti Amerika tapi harus menuntut pemerintah Indonesia bisa katakan tidak pada Amerika Serikat, termasuk soal investasi,” katanya di Gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (5/8/2011).

Ikrar kecewa dengan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang cenderung mudah berkompromi dengan kepentingan asing hingga tak mampu bernegosiasi untuk mendatangkan keuntungan-keuntungan yang seharusnya untuk negara. Kunjungan-kunjungan pemimpin negara barat juga kerap datang. Tapi Ikrar mengingatkan pertemuan tak hanya membahas soal politik luar negeri kedua negara. “Presiden kita sekarang ini militer, badannya gede, tapi dalam kasus Newmont, dia bilang soal kontrak karya di masa depan, bukan di masa dia. Justru orang-orang sipil yang kadang berani katakan tidak pada Amerika Serikat,” tambahnya.

Comments Closed

Comments are closed.