Tanda Orang Yang Akan Bunuh Diri

Author - January 5, 2011

Tanda Orang Yang Akan Bunuh Dirii-berita, Aksi bunuh diri kini semakin marak dilakukan di berbagai tempat bahkan di pusat perbelanjaan yang dipenuhi orang sekali pun. Kebanyakan dari mereka yang bunuh diri, telah menghabiskan hidupnya dengan cara menjatuhkan diri dari ketinggian. Maka dari itu, target mereka adalah menuju gedung-gedung yang tinggi untuk melancarkan aksinya itu. Belakangan ini, kasus bunuh diri di Indonesia seringkali terjadi hanya dalam hitungan hari. Hendrik Cendana, tewas setelah terjun dari lantai 3 gedung parkir Gjaah Mada Plaza, Jakarta Pusat. Kemudian Iwan yang melompat dari lantai 9 Hotel Boetiq, kamar 906, jalan S Parman, Tomang, Jakarta Pusat. Sebelumnya juga, telah terjadi aksi bunuh diri di Blok M Square. Dengan begitu, banyak pihak yang menyesalkan kejadian seperti itu terus terulang.

Hanya dengan masalah sepele, banyak orang yang lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang mengenaskan. Kebanyakan dari mereka, mempunyai masalah ekonomi, dengan keluarga, ataupun dengan kekasihnya. Menurut Twin Herman, Psikolog Universitas Indonesia, mengatakan jika aksi bunuh diri itu sebagai bukti bahwa tingkat kepedulian sosial semakin menurun di masyarakat. Twin juga mengungkapkan beberapa tanda seseorang yang akan melakukan aksi bunuh diri. Diantaranya adalah adanya perubahan sikap dan emosi, sediit bicara, sering murung, menyendiri sampai pada malas makan.

Dengan begitu, Twin menyarankan agar keluarga lebih berperan untuk saling mendekatkan dan lebih responsif. Tiwin juga menyinggung peran media dalam memicu aksi bunuh diri. Menurutnya, media turut memberi edukasi kepada seseorang untuk melakukan bunuh diri. Lebih parahnya lagi, insan pers bisa menjadi sumber penularan. “Pemberitaan media bisa menjadi edukasi bagi orang yang ingin bunuh diri. Media menjadi sumber inspirasi dan penularan. Namun sayang, mereka tidak pernah menyadari itu,” kata dia.

Comments Closed

0 responses to “Tanda Orang Yang Akan Bunuh Diri”

  1. akhmad says:

    ulah manusia yg mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri disebabkan karene tingkat keimanan yg menipis,kehidupan di dunia ini silih berganti ada susah pasti ada senang,itulah ujian Tuhan.Selama masih hidup cobaan pasti ada, disitulah kita diuji untuk sabar menghadapinya.Misalnya diberikan kekayaan ataupun kemiskinan,itu semuanya adalah ujian.Sejauh mana kita bersyukur atau sabar menghadapinya.