Tips Agar Anak Tidak Main Pukul Saat Marah

Author - March 2, 2011

Tips Agar Anak Tidak Main Pukul Saat Marah – Emosi anak-anak cinderung tidak stabil,apapun bisa dilakukannya saat marah,bahkan memukul temannya saat bertengkar itu menjadi hal yang biasa.Tapi bagaimana cara mengendalikan emosi anak agar dia tidak main pukul saat bertengkar?.

Dilansir dari detikhealth psikolog anak dan remaja Alzena Masykouri, MPsi mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah anak agar tidak memukul saat marah.Ia menyebutkan, pada anak-anak hal yang penting adalah bisa mengekspresikan yang dirasakannya dengan cara yang bisa diterima oleh lingkungan.

Namun hal tersebut tidak bisa terjadi secara alamiah, tapi harus dibantu oleh orangtua dan juga orang-orang disekitarnya. Untuk itu diperlukan latihan bagi anak-anak.

Ia menuturkan ada hal-hal penting yang bisa diajarkan orangtua pada si kecil mengenai perasaannya yaitu:

1. Anak mampu mengenali emosi yang dirasakannya
2. Anak mampu mengidentifikasi perasaan dan alasannya
3. Anak mampu meluapkan emosinya dengan cara yang tepat dan benar.

Jika anak memukul saat marah, maka orangtua bisa bilang ‘Itu namanya kamu marah dan tidak sepatutnya untuk memukul. Kamu boleh nangis atau teriak, tapi kamu tidak boleh menyakiti orang lain’.

Jika anak sedang sangat emosi misalnya ia bilang ‘Aku kesel banget ma, aku mau teriak’, sebaiknya orangtua membiarkan anak untuk teriak atau nangis tapi beri penjelasan pada anak jika habis teriak nanti ia tidak boleh kesal lagi.

Untuk solusi dari masalah ini,Alzena menjelaskan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh anak :

1. Menarik napas dalam sebanyak 10 kali baru setelah itu berbicara
2. Menyendiri dulu untuk beberapa waktu sampai ia merasa lega
3. Memeluk orangtuanya, bisa dengan cara memeluk mamanya

Comments Closed

Comments are closed.