Ulat Bulu Bisa Bersiul

Author - December 15, 2010

Ulat Bulu Bisa Bersiuli-berita, Meski kecil, namun hewan ini banyak ditakuti juga. Selain dapat membuat gatal-gatal ternyata hewan ini dapat melindungi diri juga saat ia akan dimangsa oleh hewan lainnya. Bagaimanakah caranya? Ternyata ulat bulu juga dapat bersiul seperti seekor burung. Memang mereka tidak bersiul lewat mulut seperti burung, namun menurut para peneliti, ulat bulu dapat bersiul dengan melalui sisi-sisi tubuh mereka.

Cara itu dilakukan ulat sebagai mekanisme pertahanan diri untuk mengusir burung-burung predator yang akan memangsanya. Asal siulan mereka berasal dari dalam tubuh. Hasil itu didapat setelah diamati melalui video berkecepatan tinggi. Para peneliti menyimpulkan jika ulat bulu menekan kepala mereka ke belakang saat bersiul. Itu dilakukan untuk menekan rongga di tubuh mereka sehingga akan menghasilkan suara siulan melalui delapan pasang lubang angin dalam perut mereka.

Masing-masing dari rongga perut itu dapat berdecit sekitar empat detik, dengan rentang frekuensi yang bisa ditangkap oleh burung maupun manusia, hingga suara ultrasound. Ketika ulat bulu bersiul, biasanya burung yang ingin memangsanya kaget setelah mendengar siulan dari ulat tersebut sehingga burung tersebut akan lari tunggang langgang. “Burung-burung ini sepertinya terkaget-kaget dengan siulan si ulat karena tidak mengira akan bunyi tersebut,” ujar Jayne Yack, Neuroethologist dari Carleton University, Ottawa Kanada.

Comments Closed

Comments are closed.