Uni Eropa cabut Peringatan Bahaya Ketimun Di Spanyol

Author - June 2, 2011

Uni Eropa cabut Peringatan Bahaya Ketimun Di Spanyol – Setelah dituding penyebar bakteri E.Coli, Pertanian Spanyol akhirnya lega setelah Komisi Uni Eropa (UE) mencabut larangan atas ketimun dari pertanian negara matador tersebut. Ini menjadi kabar gembira bagi pertanian Spanyol setelah cukup lama menyandang pelarangan itu.

“Komisi Eropa telah mencabut peringatan kesehatan terhadap ketimun Spanyol yang berasal dari Almeria yang telah diberlakukan Kamis pekan lalu,” ujar Menteri Kesehatan Spanyol, Leire Pajin, seperti dikutip AFP, Kamis 2/6/2011.

Leire mengatakan, ia menerima informasi tersebut dari Komisioner Kesehatan UE, John Dalli, melalui sambungan telepon. Keputusan tersebut merupakan langkah penting untuk segera memulihkan pertanian Spanyol.

Otoritas kesehatan Hamburg, Jerman, pun mengakui bahwa pengujian terhadap dua ketimun yang diduga menjadi pembawa bakteri tersebut tidak terbukti. Ketimun Spayol sebelumnya diduga menjadi penyebab tewasnya 16 warga Jerman dan seorang warga Swedia.

Krisis ketimun maut tersebut dimulai lebih dari dua pekan lalu saat kasus pertama dilaporkan di Jerman utara. Hingga kini jumlah kasus yang dikonfirmasi dan diduga telah mencapai 1.200.

Pekan lalu otoritas Jerman mengingatkan masyarakat untuk tidak memakan sayuran mentah. Peringatan itu dikeluarkan setelah ditemukannya bakteri pada ketimun organik yang diimpor dari Spanyol.

Comments Closed

Comments are closed.