Wanita di Arab Saudi, Dilarang Mengendarai Mobil

Author - May 23, 2011

Wanita di Arab Saudi, Dilarang Mengendarai Mobili-berita, Pemerintahan Arab Saudi telah mengeluarkan peraturan baru yang mengatakan bahwa bagi setiap wanita dilarang untuk mengendarai mobilnya sendiri. Jelas saja, larangan tersebut menimbulkan banyak protes dari para aktivis wanita yang dinilai telah membatasi hak wanita. Namun, pemerintah Arab Saudi yang menganut Wahabisme konservatif mengabaikannya dan tetap menerapkan larangan tersebut. Selain dilarang berkendara mobil, negara ini juga tidak memperbolehkan setiap wanita untuk memiliki SIM. Mereka diharuskan untuk menyewa seorang sopir, naik taksi atau meminta kerabat untuk mengantarkan mereka jika ingin bepergian dengan kendaraan.

Beberapa aktivis wanita bersikeras untuk tidak akan mengikuti peraturan tersebut dan tetap akan mengendarai mobilnya sendiri. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Manal al-Sharif (32) yang dengan sengaja mengunggah video dirinya sedang mengendarai mobil ke laman berbagi video YouTube. Akibat hal tersebut, ia ditangkap oleh polisi agama karena melanggar peraturan berkendaraan bagi wanita. Sharif dikenal sebagai salah satu aktivis yang menentang larangan berkendaraan bagi wanita. Tindakan ini dilakukannya sebagai kampanye penghapusan peraturan yang dinilainya membatasi hak seorang wanita.

Polisi agama Arab Saudi dilaporkan telah menangkap Sharif pada Sabtu pekan lalu, namun dibebaskan enam jam kemudian. Aktivis lainnya mengatakan bahwa Sharif kembali ditangkap pada Minggu pagi kemarin, dan hingga kini masih belum dibebaskan. Selain mengunggah video berkendara, Sharif dan rekan-rekan aktivisnya juga berkampanye di facebook melalui akun bernama “Saya akan berkendara pada 17 Juni.” Di laman ini, Sharif menyerukan kepada wanita di Saudi untuk menyetir sendiri dan mendapatkan SIM internasional mereka pada 17 Juni mendatang.

Comments Closed

Comments are closed.