Wow, BTS Baru Seukuran Mainan Kubus

Author - February 9, 2011

Wow, BTS Baru Seukuran Mainan Kubusi-berita, Perusahaan telekomunikasi ternama asal Prancis, Alcatel-Lucent, baru-baru ini telah berhasil mewujudkan rancangan teknologinya untuk dapat membuat BTS (Base Transceiver Station) dengan ukuran sebesar mainan kubus dan bahkan dapat berdiri di atas telapak tangan. Ke dalam kubus itu, BTS yang dinamakan dengan LightRadio itu, dibenamkan diplexer, radio, amplifier dan passive cooling. Teknologi terbaru mereka itu rencananya akan segera diuji untuk konsumen pada pertengahan tahun kedua 2011.

Ide membuat BTS mini itu menurut Alcatel-Lucent berawal dari upaya pemangkasan energi dan pengurangan lahan yang dibutuhkan bagi infrastruktur BTS. Dengan penemuan terbarunya ini, Alcatel-Lucent percaya jika konsumsi energi da keseluruhan biaya dapat dikurangi hingga setengahnya. Perusahaan yang berpusat di Paris ini memperkirakan, pada tahun 2011 biaya untuk BTS telah menelan dana lebih dari 150 miliar euro.

“LightRadio adalah solusi cerdas untuk satu ‘paket’ masalah yang meliputi biaya energi yang tinggi, ledakan trafik akses video melalui perangkat mobile dan masalah putus nyambung koneksi,” kata Chief Executive Alcatel-Lucent Ben Verwaayen. Dikatakannya, LightRadio sudah mendapat dukungan dari operator telekomunikasi, salah satunya Verizon. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini kabarnya tengah intens berdiskusi dengan Alcatel-Lucent.

“Kami tengah mempelajari berbagai keuntungan dari teknologi ini dan bagaimana mengaplikasikannya seiring dengan perkembangan dan evolusi jaringan LTE kami,” kata Tom Sawanobori selaku Vice President of Technology Planning Verizon. Satu paket teknologi LightRadio ini terdiri dari wideband active array antenna, multiband remote radio head, baseband unit, controller dan solusi manajemen 5620 SAM. “Wideband active array antenna akan segera diuji akhir tahun ini dan produk ini segera tersedia pada tahun 2012 dan menyusul untuk produk terbaru lainnya di 2013 dan 2014,” ujar Alcatel-Lucent.

Comments Closed

Comments are closed.