Amankan Bom, Pengamanan Paskah Diperketat

Author - April 22, 2011

Amankan Bom, Pengamanan Paskah Diperketati-berita.com,
Pasca ditemukannya lima paket bom, pengamanan di Gereka Christ Cathedral di Telaga Gading, Serpong, Tangerang, Banten, diperketat. Setiap kedaraan yang melintas diperiksa. Sedangkan kendaraan yang tak menuju gereja dialihkan ke jalur alternatif, Jumat (22/4).

Sekitar 150 polisi dan anggota TNI dikerahkan berjaga-jaga di sejumlah titik. Mereka memberi rasa aman bagi jemaat gereja yang hendak menghadiri misa Paskah. Di Gereja Christ Cathedral ada sekitar 3.000 jemaat yang mengikuti misa.

Seperti diberitakan, sebelumnya lima paket bom berbobot 150 kilogram ditemukan di kawasan tersebut. Beberapa paket di antaranya ditemukan di bak pemantau jalur pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN). Hingga siang tadi, garis polisi masih dipasang di sekitar lokasi penemuan bom.

Sampai saat ini polisi masih menyelidiki pelaku dan motif peletakan bom di Telaga Gading Serpong. Ada dugaan bom yang dilengkapi pengatur waktu tersebut akan diledakkan Kamis malam, saat misa berlangsung di gereja. Dugaan lain sasaran sesungguhnya adalah pipa gas yang ada di sana. Setelah penemuan bom, PGN langsung mematikan aliran gas di jalur tersebut.

Penemuan lima paket bom menyusul penangkapan 19 orang di sejumlah tempat. Mereka diduga tidak saja terkait aksi teror bom buku, tapi juga menyiapkan teror bom lain. “Ini lebih dari pencegahan, terkait penangkapan tersangka bom buku,” kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Dari informasi yang diperoleh, kelima paket bom berisi puluhan kilogram karbit, tiga bom mortir, 20 buah korek api gas, satu unit telepon genggam, dan 150 meter tali senar. Polisi belum memberikan keterangan terkait pelaku dan motif mereka dalam melancarkan aksi teror.

Comments Closed

Comments are closed.