Aparat Penegak Hukum Ditangkap KPK

Author - June 2, 2011

Aparat Penegak Hukum Ditangkap KPKi-berita.com, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) belum mengetahui tentang penangkapan salah satu hakimnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (1/6/2011) malam di Sunter, Jakarta Utara.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Suwidya mengatakan, bahwa kabar penangkapan tersebut diketahuinya dari media pada pukul 08.00 WIB. Ia belum bisa memastikan apakah benar hakimnya yang ditangkap terkait kasus suap Rp 250 juta .

“Kami masih mencari informasi apakah benar hakim dari Jakarta Pusat,” jelasnya.

Telah diberitakan sebelumnya bahwa KPK telah menangkap hakim kepailitan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berinisial S pada Rabu pukul 22.00 WIB. Hakim berinisial “S” saat ini dikabarkan diamankan di Gedung KPK dengan barang bukti uang Rp 250 juta dan mobil Mitsubishi Pajero.

Staf humas Komisi Pemberantasan Korupsi, Priharsa Nugraha menyampaikan, S diduga menerima sejumlah uang dari seorang kurator perinisial PW dan diduga penyerahan uang tersebut terkait dengan kepailitan sebuah perusahaan bernama PT SCI.

Hakim S ditangkap di kediamannya di daerah Sunter, Jakarta Utara, sekitar pukul 22.00. Dalam penangkapan tersebut, KPK menyita uang senilai Rp 250 juta yang diduga merupakan dana suap. “Hingga saat ini, S dan PW sedang menjalani pemeriksaan di kantor KPK,” tambahnya.

Menurut Priharsa, keduanya akan diperiksa selama 24 jam. Selanjutnya, KPK akan menyimpulkan apakah menetapkan keduanya sebagai tersangka atau tidak.

Sebelumnya, KPK menangkap tangan penegak hukum lainnya yakni seorang jaksa bernama Dwi Seno. Jaksa Kejaksaan Negeri Tangerang itu diduga memeras seorang pegawai bank. Tahun lalu, KPK juga menangkap seorang hakim Pengadilan Tata Usaha Negara bernama Ibrahim yang diduga menerima suap Rp 300 juta dari pengacara Ardner Sirait. Penangkapan hakim tersebut menambah daftar aparat penegak hukum yang ditangkap KPK.

Comments Closed

Comments are closed.