Dua Langkah Polri Buru Nazaruddin

Author - July 2, 2011

Dua Langkah Polri Buru Nazaruddini-berita.com, Menindaklanjuti perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar segera dilakukan penangkapan terhadap M Nazaruddin, Polri menetapkan dua langkah untuk membawa pulang mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu ke Indonesia.

Langkah pertama, terkait Interpol yaitu membuat permohonan penerbitan red notice yang akan ditindak lanjuti oleh national central bureau (kantor interpol) yang ada di mabes polri, kemudian red notice akan dikirimkan ke seluruh negara anggota interpol di seluruh dunia yaitu ada 188 negara di dunia yang menjadi anggota interpol. Sehingga jika Nazaruddin memilih keluar dari Singapura, negara-negara anggota interpol itu pun bisa membantu menangkap Nazaruddin jika ia berada di salah satu negara anggota.

Langkah kedua, selain mengandalkan bantuan dari luar, Polri akan menguatkan koordinasi dengan pihak terkait di dalam negeri sendiri. Polri akan bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri sebagai perwakilan dari pemerintah untuk berkoordinasi dengan penegak hukum Singapura. Demikian disampaikan Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol. Boy Rafli Amar kemarin (2/7/2011).

Boy Rafli mengatakan, Mabes akan berupaya melakukan langkah dengan Kemenlu karena yang bersangkutan di luar negeri, tentunya negara lain ini memiliki kedaulatan hukum yang harus dihormati. Menurut Boy, keterlibatan Kemenlu harus dibicarakan khusus oleh pemerintah, police to police.

Comments Closed

Comments are closed.