engkorak Manusia Terpendam di Bangunan Gereja

Author - January 28, 2011

Tengkorak Manusia Terpendam di Bangunan Gereja i-berita.com, Beberapa pekerja proyek renovasi Gereja Kristen Baptis Jakarta (GKBJ) Sawah Besar, Kamis (27/1/2011).Telah menemukan benda yang diduga tulang belulang manusia.

Pihak kepolisian segera membawa potongan benda asing itu ke RS Cipto Mangunkusumo. “Dugaan awal, pecahan tulang itu merupakan tulang manusia. Tapi, untuk memastikannya, pecahan tulang itu kami bawa ke RSCM untuk diteliti,” ujar Kepolisian Sektor Metro Sawah Besar Komisaris Lutfi Sulistyawan.

Ia menjelaskan, GKBJ sudah berdiri sejak tahun 1952. Adapun benda-benda yang ditemukan para pekerja berada di bawah gereja bersejarah itu. “Patut diduga, mungkin tulang tengkorak dari zaman Belanda,” ucapnya.

Pagi itu, Bandi (30) ditugaskan menggali tanah untuk pemasangan tiang pancang di lahan gereja tua yang berlokasi di Jalan KH Samanhudi 22 Pasar Baru, Jakarta Pusat, itu. Setelah mencangkul beberapa kali, ia merasa ada benda keras di antara tanah dan bebatuan.

“Saya kira itu pipa biasa, jadi cuek saja dan mencangkul lagi hingga ‘pipa’ itu pecah,” katanya. Namun, Bandi terkejut karena “pipa biasa” itu kelihatan seperti tempurung kepala orang. Tak lama kemudian di lokasi yang berdekatan, rekan-rekan Bandi juga menemukan tulang belulang.

Sebut saja tulang kaki dan tangan manusia. “Saya malah menemukan sepotong benda kayak gigi,” ungkap Santoso (28), teman seprofesi Bandi. Suasana sekitar lokasi mendadak ramai didatangi warga yang ingin melihat langsung tulang belulang hasil galian. Sebagian pekerja melaporkan penemuan itu kepada kepala proyek yang diteruskan ke polisi.

Comments Closed

Comments are closed.