Hindari Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan

Author - February 2, 2011

Hindari Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihani-berita.com,
Setiap orang mungkin punya cara-cara tersendiri dalam merawat kecantikannya. Namun Anda harus berhati-hati dalam penggunaan berbagai macam kosmetik.
Para ahli memperingatkan agar sebisa mungkin Anda tidak saling berbagi kosmetik, apalagi mencoba tester make up di gerai-gerai kecantikan.

Kebiasaan Anda yang suka saling berbagi make up ini sangat berisiko pada penularan penyakit yang disebabkan bakteri. Botol atau wadah yang digunakan sebagai tester diyakini dapat mengeskpos bakteri E-coli hingga konjungtivitis (penyakit mata) yang dapat menularkan sejumlah infeksi.

Para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa semua produk make-up yang mereka uji mengandung E-coli, penyebab utama keracunan pada makanan, yang dapat menyebabkan infeksi kulit pada pengguna kosmetik dan bahkan virus herpes simpleks, yang menyebabkan luka dingin.

Dr Elizabeth Brooks, seorang profesor ilmu biologi di Jefferson Medical College di Pennsylvania mengatakan Di mana pun Anda dapat melihat E-coli, Anda hanya harus berpikir kalau ‘E-coli sama dengan kotoran. Karena ada kemungkinan setelah seseorang pergi ke kamar mandi, mereka tidak mencuci tangan dan kemudian mencoba kosmetik yang ada di gerai kecantikan.

Dalam riset ini, para peneliti menghabiskan waktu dua tahun untuk menganalisa sample make-up yang diambil dari department store, toko-toko spesialis dan apotek. Mereka menggunakan kapas steril untuk mengambil sampel produk, termasuk make up untuk kulit, mata dan bibir.

Mereka kemudian mentransfer make up ke dalam suatu bahan kimia tempat bakteri bisa tumbuh. Hasilnya, sekitar 67-100% produk menunjukkan beberapa tingkat kontaminasi.

Menurut peneliti, make up akan lebih mungkin terkontaminasi pada hari Sabtu – yaitu hari tersibuk berbelanja dalam sepekan. Karena itu, mereka menyarankan jika Anda memang ingin mencoba make-up sebelum membeli, lakukanlah pada hari kerja, saat pengunjung yang datang dan menggunakan tester make up umumnya lebih sedikit sehingga risiko terkontaminasi pun lebih kecil.

Atau mintalah single tester atau sampel mini yang hanya untuk satu orang. Dan yang tak kalah pentingnya, Anda harus mencuci wajah setelah mencoba make up dari gerai kecantikan dan lebih berhati-hati ketika mencoba make up pada mata.

Comments Closed

Comments are closed.