INA4JPN, Bantuan Semangat Untuk Jepang

Author - March 27, 2011

INA4JPN, Bantuan Semangat Untuk Jepang i-berita.com, Sejumlah warga kota Jakarta menyanyikan tiga judul lagu pagi ini: “You are not alone, Im here with you..Though you’re far away, Im here to stay..” Lagu “You Are Not Alone” menggema di depan Kedutaan Besar Jepang, Jalan Thamrin, Jakarta, Minggu (27/3/2011).

Acara bertajuk INA4JPN (Indonesia for Japan) digelar sebagai bentuk semangat untuk Jepang yang dilanda musibah Tsunami pada awal Maret 2011.

“Kita berkumpul untuk menyampaikan bela sungkawa dan prihatin kita atas bencana luar biasa dahsyat di Jepang. Kita ingin menyampaikan bantuan kita,” ujar penggiat kemanusiaan, Kuntoro Mangkusubroto yang hadir dalam acara INA4JPN.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir pula Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri. Ia turut menyanyikan tiga judul lagu yakni Bengawan Solo yang dinilai terkenal di Jepang, You Are Not Alone, dan We Are The World bersama warga kota Jakarta yang berkumpul pagi ini.

“Terima kasih semua. Dengan energi dari Anda semua, Jepang akan kuat dan penuh semangat,” ujar Kojiro yang kemudian disambut tepuk tangan sejumlah warga.

Acara INA4JPN merupakan bentuk kepedulian Indonesia terhadap bencana gempa dan tsunami yang menimpa Jepang pada 8 Maret yang dibalut dalam sebuah acara seni urban. INA4JPN digagas oleh sejumlah anggota masyarakat yang peduli Jepang.

Selain menyanyikan sejumlah lagu penyemangat, warga juga menempelkan ungkapan simpatinya pada papan backdrop yang disediakan sebagai lambang kepedulian masyarakat Indonesia pada musibah Jepang. Kemudian secara simbolis, papan bentuk simpati tersebut diserahkan kepada Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang.

“INA4JPN diharapkan mampu mewakili masyarakat Indonesia tanpa batasan agama, suku, bangsa, dan bahasa untuk memberikan dukungan saudara-saudara kita di Jepang,” ujar koordinator INA4JPN, Hanifah Fibianti.

Seperti diketahui, tsunami setinggi 10 meter menerjang Jepang pada 8 Maret. Akibatnya, ribuan orang menjadi korban bencana tersebut.Tiga provinsi di Jepang yakni Fukushima, Miyagi, dan Iwase mengalami kerusakan terparah. Sebanyak 496 warga negara Indonesia menetap di tiga provinsi tersebut.

Atas bencana tersebut, pemerintah Indonesia memberikan sejumlah bantuan untuk Jepang. Termasuk bantuan dana 2 juta dollar AS dan mengirimkan tim penyelamat. Hubungan Indonesia dan Jepang yang baik turut melatarbelakangi kepedulian Indonesia terhadap bencana Jepang. Selain itu, saat Indonesia tertimpa bencana tsunami Aceh, Jepang banyak memberikan bantuan.

Comments Closed

Comments are closed.