Inilah Penyebab Hilangnya Email Gmail

Author - March 2, 2011

Inilah Penyebab Hilangnya Email Gmaili-berita, Beberapa hari ini, mungkin para pengguna email Gmail mempunyai suatu keluhan terhadap email yang telah hilang secara mendadak. Menurut Google, hal tersebut diakibatkan oleh software yang sedang mengalami masalah sehingga berdampak pada beberapa data. “Beberapa pesan terhapus dan kami bekerja keras selama 30 jam untuk mendapatkan kembali pesan milik pihak yang terkena dampak,” ujar pihak Google dalam keterangan pers, seperti dikutip dari Huffington Post.

Masalah berasal dari proses pembaruan penyimpanan perangkat lunak yang memunculkan bug tidak terduga dan mengarah kepada 0,02% pengguna Gmail yang kehilangan email. Jumlah ini diperkirakan 40 ribu dari 200 juta pengguna layanan pesan elektronik Gmail. Google menghentikan penyebaran perangkat lunak itu dan kembali ke versi lama mereka.

“Untuk melindungi informasi Anda dari gangguan tidak biasa ini, kami telah menggandakan data tersebut. Karena data itu offline, maka terlindung dari masalah di perangkat lunak. Namun, mengembalikan data membutuhkan waktu yang cukup lama untuk transfer permintaan Anda ke pusat data lain. Inilah alasan mengapa kami membutuhkan waktu untuk mendapatkan pesan Anda kembali,” ujar pihak Google.

Berdasarkan keterangan Fortune, Google membutuhkan sekitar 200 ribu penyimpan data yang setara dengan empat meter tumpukan kaset.

Comments Closed

Comments are closed.