Jundullah Ancam Bongkar Nuklir Iran

Author - November 30, 2010

Jundullah Ancam Bongkar Nuklir Iran i-berita.com, Jundullah, adalah sebuah kelompok perlawanan yang berbasis di provinsi Iran, Baluchistan, yang memiliki ikatan dengan kelompk perlawanan Baluch di Pakistan, dan telah merilis sebuah pernyataan oleh seorang pakar nuklir Iran Amir Amir Hossein Shirani yang di dalamnya ia mengakui bahwa ia telah bekerja selama tiga tahun dalam pengayaan uranium di sebuah pusat penelitian nuklir di kota sentral, Isfahan.

Kelompok Perlawanan tersebut, yang mengklaim membela hak-hak minoritas Sunni dan Baluch di Iran, mengancam untuk mengungkapkan rahasia tentang program nuklir Iran jika pemerintah Iran tidak membebaskan anggota kelompok tersebut yang sedang dipenjara.
“Otoritas Iran mengenal dengan baik informasi apa yang ada di tangan Amir Hossein Shirani, terutama yang bersangkutan dengan para ahli nuklir tingkat atas,” kata pernyataan yang diposkan dalam website Jundullah setelah melakukan penculikan terhadap pakar nuklir Iran Amir Hossein Shirani.
“Publikasi dari pengakuan tersebut akan merugikan bagi rejim Iran,” pernyataan dalam website tersebut menambahkan.
Tehran menganggap Jundullah sebuah kelompok teroris dengan hubungannya dengan intelijen Amerika dan Pakistan dan menuduhkan melakukan serangan teroris terhadap para warga sipil Iran.
Kelompok perlawanan tersebut, di satu sisi, bersikeras bahwa pihaknya hanya menargetkan tempat-tempat militer dan pemerintah dan yang tujuannya adalah untuk menuntut kesetaraan untuk minoritas Baluch. Jundullah Iran adalah bagian dari sebuah pergerakan aktif Baluch yang lebih besar di keduanya, Sistan dan Baluchestan dan Provinsi Balochistan Pakistan.
Jundulla sering meminta etnis minoritas lainnya di Iran seperti Arab, Kurdi, dan Turkmen untuk bergabung terhadap hegemoni Persia dan untuk menuntut hak-hak kesetaraan untuk semua warga negara Iran.

Comments Closed

Comments are closed.