Korut Gali Terowongan Untuk Uji Nuklir

Author - December 15, 2010

Korut Gali Terowongan Untuk Uji Nukliri-berita.com,
Politisi AS melakukan perjalanan ke Pyongyang dengan pesan bagi Utara untuk “tenang.”
Korea Utara tampaknya menyiapkan untuk uji coba nuklir kemungkinan ketiga pada awal bulan Maret mendatang, surat kabar melaporkan pada hari Rabu.

Intelijen AS dan Korea Selatan telah menonton situs nuklir Utara untuk aktivitas apapun. Para pengamat mengatakan Utara bisa menggunakan tes untuk mencoba untuk mendapatkan leverage dalam pembicaraan internasional itu adalah mencari dan bantuan aman untuk menopang ekonomi miskin tersebut.

Korea Selatan Chosun Ilbo harian pada Rabu mengutip seorang pejabat intelijen dari Seoul yang mengatakan terowongan sedang digali di lokasi uji coba nuklir negara itu yang dapat diselesaikan pada Maret tahun depan, mungkin menyongsong uji coba nuklir yang baru.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan memonitor situs dan mengatakan tidak ada bukti kongkret bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan tes ketiga.

Jumlah bumi dihapus dari situs di perkampungan Punggye, di wilayah timur laut Korea Utara, menunjukkan terowongan sekitar 500 meter (550 meter) dalam, setengah kedalaman yang diperlukan untuk uji coba nuklir, laporan Chosun Ilbo kata.

“Korea Utara adalah menggali tanah cukup sulit … di perusahaan
dua fasilitas nuklir utama, “kata seorang pejabat intelijen Korea Selatan seperti dikutip.
“Pada tingkat ini, (terowongan Punggye) akan mencapai (itu) 1 km yang diperlukan untuk pengujian nuklir pada bulan Maret sampai Mei,” kata seorang sumber intelijen yang terpisah koran.

Korea Utara juga mempercepat bekerja pada konstruksi baru di kompleks nuklir utama Yongbyon, di mana ia mengungkapkan fasilitas pengayaan uranium yang sebelumnya tidak diketahui bulan lalu, surat kabar mengutip sumber-sumber intelijen yang mengatakan.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menolak untuk mengkonfirmasi rincian laporan tersebut, namun mengatakan: “Tidak ada telah dikonfirmasi yang akan membuktikan Utara sedang mempersiapkan untuk melakukan uji coba nuklir.”

Utusan nuklir Selatan, Wi Sung-lac, sedang rapat Moskow dengan rekan Rusia-nya, pada minggu yang sama bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Ui-chun dan mencacinya atas program nuklir Utara.

Comments Closed

Comments are closed.