Kota Lumajang Diselimuti Abu vulkanik

Author - January 28, 2011

Kota Lumajang Diselimuti Abu vulkanik i-berita.com, Abu vulkanik Bromo berterbangan dan menempel di dedaunan pepohonan dan jalanan telah
menganggu aktivitas warga Kota Lumajang, Jumat (28/01/2011).

Pengamatan di sejumlah wilayah Lumajang, akibat abu Bromo berterbangan tertiup angin, membuat sejumlah wilayah seperti diselimuti kabut. Debu berterbangan sangat mengangu penglihatan karena bisa pedih di mata.

Sejumlah mobil yang parkir di jalan raya, terlihat diselimuti abu tebal. Sementara sejumlah pengendaraan roda buat masih banyak menggunakan masker, kaca mata dan helm teropong.

“Waduh hujan bau tipis, tapi angin kencang membuat abu berterbangan,” kata Rudi warga Karang Sari pada beritajatim.com.

Menurut dia, akibat abu berterbangan, warga enggan menjemur pakaian di luar rumah. Bahkan, di dalam rumah juga kemasukan abu tipis vulkanik. “Pokoknya meski dibersihkan, abu vulkanik masih masuk rumah,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan, Suryadi (45) warga Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono, abu vulkanik sangat menganggu aktivitas warga di luar rumah. Bahkan sejumlah tanaman pertaniannya juga ditempeli abu vulkanik yang sangat tebal.

“Kalau abu seperti ini terus bisa mengancam pertanian kami,” ungkapnya.

Sementara itu, jalan raya di Lumajang masih diselimuti abu vulkanik. Sehingga bila dilewati kendaraan gampang sekali terbangan. Sedangkan langit di wilayah Lumajang masih gelap seperti mendung dan karena abu Bromo masih menguyur Lumajang.

Comments Closed

Comments are closed.