Moore Dukung Assange Bebas

Author - December 17, 2010

Moore Dukung Assange Bebasi-berita.com, Rush Limbaugh, Pengamat konservatif AS Limbaugh mengkritik sutradara Michael Moore dan rekan-rekannya yang mengumpulkan dana masing-masing £20.000 untuk menjamin Julian Assange agar dibebaskan dari penjara.

Pembawa acara radio program talk show yang paling banyak didengarkan di AS menyebut Moore dan orang-orang yang ingin membebaskan Assange dari tudingan kejahatan seksual yang dilayangkan para jaksa penuntut di Swedia sebagai “para penggemar pemerkosa berantai”.
Sutradara Ken Loach dan John Pilger merupakan dua di antara orang-orang yang bergabung dengan Moore untuk menggalang dana agar mencapai jumlah £200.000 yang diminta hakim distrik senior Howard Riddle di pengadilan magistrat City of Westminster.
“Melihat orang-orang kiri di luar sana yang berusaha untuk membayar jaminan pemerkosa berantai Julian Assange membuat panas,” kata Limbaugh dalam acaranya kemarin.
“Siapa yang menyangka bahwa mereka ternyata penggemar pemerkosa berantai? Tentu saja mereka akan membantu ribuan orang pemerkosa lainnya jika hal itu bisa membantu membebaskan seorang pembenci Amerika,” tambahnya, merujuk pada sang pendiri situs pembocor rahasia WikiLeaks.
Limbaugh juga mengecam aparat Inggris karena berencana membebaskan Assange. “Bagaimana bisa dia disebut membahayakan penerbangan?” tanyanya. “Maksud saya, dia cuma punya sejumlah identitas dan paspor palsu. Apa yang perlu dikhawatirkan di sini?”
Sementara itu, Moore, sutradara film dokumenter seperti Fahrenheit 9/11, Bowling for Columbine, dan Sicko, mempertahankan keputusannya untuk mendukung Assange di situs internetnya kemarin.
Dalam sebuah artikel yang panjang, Moore menyatakan bahwa jika saja WikiLeaks sudah ada dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, maka situs itu akan mencegah pecahnya Perang Vietnam dan Irak, demikian juga peristiwa 9/11 serta sejumlah peristiwa lain.
“Kita diseret memasuki perang di Irak atas dasar kebohongan,” tulisnya. “Ratusan ribu nyawa kini telah melayang. Coba bayangkan jika orang-orang yang merancang kejahatan perang ini pada tahun 2002 lalu dihadapkan dengan WikiLeaks. Pasti mereka tidak akan mampu menghadapinya,” tambah Moore.
“Satu-satunya alasan mengapa mereka merasa bisa lolos dari itu semua adalah, mereka memiliki kerahasiaan yang terjamin. Jaminan itu kini telah direnggut dari mereka, dan saya harap mereka tidak lagi bisa melakukan tindakan dalam selubung kerahasiaan,” tulisnya.
Moore menambahkan, “Bagi Anda yang merasa dukungan terhadap Julian Assange itu salah karena tudingan pemerkosaan terhadapnya, saya hanya bisa mengimbau Anda agar tidak naif dengan tindakan-tindakan pemerintah saat tengah memburu mangsanya.”
“Tolong, jangan pernah memercayai ‘versi resmi’ dari sebuah kisah (versi pemerintah). Terlepas dari bersalah atau tidaknya Assange, pria ini punya hak mendapatkan jaminan dan membela dirinya,” tambah Moore.
Kemarin lusa, aparat Swedia mengaku akan melawan keputusan Inggris untuk memberikan jaminan terhadap Assange.
Pendiri WikiLeaks sementara ini masih tetap meringkuk dalam penjara. Ia ditangkap lebih dari satu minggu yang lalu terkait dugaan kejahatan seksual terhadap dua orang wanita Swedia.

Comments Closed

Comments are closed.