Panji Gumilang Diperiksa Hari Ini

Author - June 23, 2011

Panji Gumilang Diperiksa Hari Inii-berita.com, Pimpinan Yayasan Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang, hari ini, Kamis (23/6/2011) dijadwalkan mengikuti sidang pemeriksaan perdananya, sebagai saksi kasus pemalsuan dokumen pengurus yayasan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta.

Mantan bawahan Panji Gumilang, Imam Supriyanto, menginginkan mantan atasannya itu dijadikan tersangka dan ditahan. Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia (NII) itu mengakui bahwa Panji Gumilang adalah pimpinan NII.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam menegaskan, bahwa pada pemeriksaan perdana ini Panji hanya berstatus sebagai saksi, meskipun 13 saksi dan bukti menguatkan tindak pidana pemalsuan dokumen tersebut.

Anton menjelaskan bahwa pihaknya belum menahan Panji Gumilang. “Begini, kami kan sudah periksa 13 orang, mereka memberi masukan pada Polri. Apakah dia memenuhi unsur yang dilaporkan oleh pelapor, tentu polisi memanggilnya sebagai saksi,” kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/6/2011). “Ditahan tidaknya Panji Gumilang akan diketahui seusai pemeriksaan perdana ini,” imbuh Anton.

Walaupun keinginan pelapor bahwa Panji Gumilang harus dijadikan tersangka, Anton mengatakan hal itu belum bisa dipastikan, “Ya belum tahu, karena orang yang melapor mengharapkan dia jadi tersangka. Tapi, kami kan belum bisa.”

Sementara, kuasa hukum Panji Gumilang, Ali Tanjung mengatakan bahwa ia tidak bisa menjamin kliennya akan memenuhi panggilan pemeriksaan dari penyidik ini karena belum komunikasi dengan Panji. “Jadi, saya belum tahu besok bagaimana,” kata Ali.

Sebelumnya diberitakan, Mei lalu, sembilan anggota dan pejabat NII ditangkap di Jawa Tengah, termasuk Gubernur NII Jateng, Totok Dwi Harjanto alias Nizam Sidik dan tiga orang yang diduga berperan sebagai penggalang dana.

Comments Closed

Comments are closed.