Pencipta Internet Kritik Facebook

Author - November 23, 2010

Pencipta Internet Kritik Facebooki-berita, Tim Berners Le yang juga sebagai pencipta world wide web atau www, dikabarkan telah mengkritik Situs jejaring social Facebook. Penyebabnya karena Facebook telah membatasi keterbukaan website. Dalam jurnal yang dibuat pada jurnal Scientific American yang berjudul Long Live the Web: A Call for Continued Open Standards and Neutrality, Berners Lee mengingatkan kepada para pengguna internet tentang kekuatan website ada pada keterbukaan dan demokratis.

Dalam tulisan yang dibuat Berners Lee pada sebuah telegraph mengatakan, Web berkembang menjadi alat yang kuat karena dibangun pada prinsip-prinsip egaliter. Setiap orang maupun kelompok bisa menggunakan website, baik yang mengatasnamakan individu, universitas maupun perusahaan. Bahkan menurut Berners Lee, egaliter dan universalitas website sedang terancam oleh beberapa penduduk yang paling sukses seperti Facebook, Linkedln dan Friendster. “Mereka membatasi informasi yang mengalir dan tersedia secara bebas di seluruh web.”

Mereka telah mengambil informasi pengguna website, seperti ulang tahun, alamat e-mail, foto dan teman-teman pengguna internet. Tetapi pengguna tersebut tidak dapat menggunakan kembali informasi yang telah mereka masukkan melalui situs lain kecuali di situs jejaring social tertentu. Setiap situs saling menutupi dirinya dengan situs lain dan tidak bisa terhubung satu dengan yang lain. Tulisan pencipta website ini merupakan reaksi dari sikap Mark Zuckenberg selaku CEO Facebook yang menolak untuk berkomitmen untuk membuka data pengguna ke seluruh website pada ajang Web 2.0 Summit di San Fransisco pekan lalu.

Comments Closed

Comments are closed.