Pengguna Facebook Terus Menurun

Author - June 14, 2011

Pengguna Facebook Terus Menuruni-berita, Jika Facebook tidak memberikan inovasi baru pada layanannya, bisa jadi jumlah penggunanya di seluruh dunia terus menurun. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya pengguna Facebook secara terus menerus di negara-negara maju. Setelah sebelumnya Amerika Serikat, Kanada, dan Norwegia yang mulai meninggalkan layanan situs jejaring sosial tersebut, kini giliran Inggris yang mulai berkurang menggunakan situs milik Mark Zuckerberg itu.

Menurut data yang didapat Facebook, pengguna layanan ini telah mencapai 687 juta. Namun, pertumbuhan pengguna Facebook terus menurun beberapa bulan terakhir. Sepanjang April, pertambahan pengguna mencapai 13,9 juta. Namun pada bulan Mei, pertambahan hanya sebesar 11,8 juta. Bulan-bulan sebelumnya, rata-rata pertambahan pengguna Facebook mencapai 20 juta account baru. Perlambatan pertumbuhan pengguna layanan ini dikhawatirkan berdampak pada harapan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang menargetkan 1 miliar pengguna.

Di beberapa negara, jumlah pengguna Facebook telah mencapai titik puncaknya. Rata-rata, jumlah pengguna setara dengan setengah pengguna layanan internet di masing-masing negara. Di negara maju, Facebook kerap mendapat cercaan akibat buruknya perlindungan terhadap data pribadi pengguna. Pekan lalu, situs ini menambahkan layanan pengenalan wajah untuk menandai foto, tanpa meminta persetujuan pengguna. Kebijakan ini lantas mendapat protes dari konsultan keamanan.

Penurunan pengguna online Facebook paling besar terjadi di Amerika Serikat. Pengguna online Facebook di negeri Abang Sam menurun dari 155,2 juta pada Mei menjadi 149,4 juta pada awal Juni. Di Inggris, penurunan agak kecil yaitu hanya 100 ribu pengguna dalam satu bulan. Di Kanada, pengguna aktif menurun sebanyak 1,62 juta, sementara di Norwegia terjadi penurunan 100 ribu pengguna dalam periode yang sama.

Comments Closed

Comments are closed.