Siapakah Yang Lebih Mudah Jatuh Cinta, Pria atau Wanita?

Author - February 11, 2011

Siapakah Yang Lebih Mudah Jatuh Cinta, Pria atau Wanita?i-berita.com, Mungkin jawaban orang untuk menjawab pertanyaan di atas bisa berbeda-beda. Wanita identik dengan sosok yang sensitif dan penuh perasaan. Sedikit perhatian akan melunakkan hatinya dan segera membuatnya jatuh hati. Benarkah demikian?

Sebuah studi terbaru justru menemukan bahwa wanita lebih sulit jatuh cinta dibandingkan pria. Melalui survei yang dilakukan match.com, pria lebih cepat menaruh perasaan suka terhadap lawan jenis ketimbang wanita.

Sebanyak 54 persen pria menyatakan perasaan cinta pada pandangan pertama dibandingkan wanita yang hanya 44 persen. Hasil lainnya, sebanyak 58 persen pria mengakui memiliki waktu bagi diri sendiri lebih sedikit. Sementara 77 persen wanita memiliki waktu untuk ruang pribadi mereka.

Pria lebih jarang bersosialisasi dengan teman, hanya 23 persen, ketimbang 35 persen wanita yang gemar melewatkan makan malam bersama teman-teman.

Pakar Antropolog Helen Fisher mengungkap, “Pria masa kini mengekspresikan perilaku tradisional wanita. Sementara wanita mengadopsi sikap yang telah lama dikaitkan dengan pria,” katanya seperti dikutip Marie Claire.

Sejarawan Stephanie Coontz, yang juga terlibat studi menambahkan, “Ini membuktikan ada yang berubah dalam 40 tahun terakhir.”

Perubahan terjadi karena wanita cenderung mempertahankan hubungan pribadi lainnya dibandingkan hubungan romatis. Wanita lebih cenderung emosional dan terbuka dengan sesama teman.

Sementara pria, cenderung tergantung secara emosional pada pasangan. Ini membuat pria seringkali ‘lupa’ dengan teman ketika sudah memasuki hubungan asmara.

Ada beberapa hal menarik dari studi ini:

– Banyak yang berstatus teman sebelum berubah menjadi pacar atau pasangan. Sebanyak 71 persen jatuh cinta dengan seseorang yang awalnya tidak menarik. Namun, cinta tumbuh setelah melakukan percakapan panjang atau aktivitas bersama. Dan, 35 persen jatuh cinta dengan seseorang meskipun mereka merasa tidak ada rasa suka pada awalnya.

– Cinta bersifat langgeng. Data dari 5.200 lajang menemukan 29 persen merasa sangat cinta dengan pasangan selama 2-5 tahun, delapan persen merasa sangat jatuh cinta selama 6-10 tahun dan 18 persen selama lebih dari 10 tahun.

– Kencan biasa bisa berakhir menjadi hubungan serius. Survei menemukan 35 persen kencan semalam bertahan menjadi hubungan jangka panjang.

Comments Closed

Comments are closed.