Tim Mawar Teror Fit and Proper Test Capim KPK

Author - August 8, 2011

Tim Mawar Teror Fit and Proper Test Capim KPKi-berita, Fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK yang akan segera dilakukan di Komisi III DPR, diteror oleh adanya Tim Mawar yang diisukan hendak mengganjal sejumlah calon pimpinan KPK.

Anggota Komisi III DPR dari Partai Gerindra, Martin Hutabarat mengatakan bahwa isu seperti itu kadang-kadang menyakitkan karena diisukan ada praktik seperti itu. “Hal itu selalu ditanyakan orang kepada kita dan itu sulit dibuktikan, namun banyaknya pertanyaan seperti itu membuah kita risih,” ujar Martin.

Martin mengungkapkan, fit and proper test pimpinan KPK pada masa Antasari Azhar juga dihantui isu serupa. Namun Martin berharap pada pemilihan pimpinan KPK yang sekarang ini Komisi III DPR mampu memilih pimpinan KPK yang benar-benar kredibel.

Menanggapi isu adanya terror yang dilakukan oleh sebuah tim yang disebut Tim Mawar, Martin mengatakan, Komisi III DPR harus membuktikan bahwa tuduhan itu tidak benar, bahwa isu adanya Tim Mawar itu tidak terbukti. Artinya kita harus benar-benar memilih pimpinan KPK yang kredibel.

Oleh karena itu, ia berharap semua anggota Komisi III DPR hadir dalam proses fit and proper test hingga pemilihan Ketua KPK final. Dengan demikian Komisi III DPR paham betul siapa calon pimpinan KPK yang layak dipilih.

Martin mengaku jika pada saat uji kelayakan semua anggota jarang sekali hadir, tapi pada saat pemilihan semua anggota hadir semua. “Kalau begini bagaimana mereka bisa tahu kapabilitas calon pimpinan KPK, dan ini harus dibenahi,” ujarnya.

Martin juga mempunyai usul cerdas jika isu Tim Mawar tak juga hilang dari Komisi III DPR. Ia mengusulkan untuk ke depan dilakukan perubahan agar pemilihan Ketua KPK dilakukan oleh tokoh masyarakat, bukan oleh DPR. Namun untuk saat ini karena belum ada payung hukumnya yang tetap maka pemilihan Ketua KPK dilakukan oleh DPR.

Comments Closed

Comments are closed.