Tokoh Oposisi Mesir Dikenai Tahanan Rumah

Author - January 29, 2011

Tokoh Oposisi Mesir Dikenai Tahanan Rumahi-berita.com, Tokoh oposisi Mesir yang juga pemenang Nobel Perdamaian, Mohamed ElBaradei, dikenai tahanan rumah setelah turut serta dalam aksi unjuk rasa dengan puluhan ribu pendukungnya usai salat Jumat, (28/1/2011).

ElBaradei baru kembali ke Mesir setelah sebulan berada di luar negeri. Sesaat setelah bergabung dengan para pengunjuk rasa, polisi kemudian menggunakan water canon ke arahnya dan juga kepada para pendukungnya. Demikian seperti diberitakan AP,

Para polisi menggunakan tongkat dan memukuli para pendukungnya yang mengelilingi untuk melindungi ElBaradei. Dalam keadaan basah, ElBaradei terjebak di dalam masjid sementara ratusan polisi antihuru-hara kemudian menguasai kawasan mesjid dan menembakkan gas airmata sehingga tak ada orang yang bisa meninggalkan lokasi.

Saat ia kembali ke rumahnya, sejumlah polisi sudah berjaga-jaga di sana dan memerintahkan jika dirinya tidak diperkenankan meninggalkan rumahnya. “Kamilah yang akan membawa perubahan,” ujar Ahmed Sharif, satu dari ribuan pengunjuk rasa yang menemani ElBaradei saat melakukan aksinya.

Comments Closed

Comments are closed.