Lawan Kanker dengan Beras Hitam

Author - August 30, 2010

Lawan Kanker dengan Beras Hitam. Beras hitam yang oleh masyarakat Indonesia kadang disebut sebagai beras wulung, beras jlitheng atau beras gadog diklaim ilmuwan sebagai makanan super untuk melawan kanker. Beras hitam ini bukanlah ketan hitam.

Ilmuwan dari Louisiana State University menganalisa sampel dedak (serbuk kulit) dari beras hitam yang ditanam di Amerika selatan. Hasilnya, ilmuwan menemukan beras hitam memiliki kadar antioksidan berupa antosianin (anthocyanin) yang larut dalam air.

Buah dan sayuran yang mengandung antosianin biasanya berwarna gelap seperti blueberry. Warna hitam seperti ini juga yang terkandung dalam beras hitam.

Penelitian menunjukkan antioksidan dari tanaman yang berwarna gelap bisa menghentikan molekul berbahaya, membantu melindungi arteri dan mencegah kerusakan DNA yang mengarah ke kanker.

“Hanya sesendok dedak beras hitam mengandung lebih banyak antosianin lebih besar daripada yang ditemukan dalam blueberry. Beras hitam juga mengandung gula yang sedikit dan lebih banyak serat serta antioksidan vitamin E,” kata ilmuwan Dr Zhimin Xu seperti dilansir dari dailymail, Senin (30/8/2010).

Menurut Dr Zhimin, beras hitam akan menjadi tanaman yang ekonomis untuk meningkatkan kesehatan. Produsen makanan menurutnya, bisa menggunakan esktrak dedak beras hitam untuk membuat sereal, minuman, kue, biskuit dan makanan sehat lainnya.

Beras hitam sendiri sudah lama digunakan di China yang hanya boleh dikonsumsi oleh para bangsawan sehingga dikenal dengan nama ‘Forbidden Rice’. Sedangkan negara-negara Asia umumnya juga sudah mengenal beras hitam yang biasanya dikonsumsi saat perayaan-perayaan khusus.

Konsumsi beras hitam atau merah yang mengandung banyak vitamin E dan antioksidan juga disebutkan mampu menurunkan risiko kanker dan masalah perilaku pada anak. Hasil temuan ini dipresentasikan pada Konferensi Nasional Masyarakat Kimia di Boston pekan ini, seperti dikutip dari Daily Mail.

Beras hitam ini memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari beras biasa dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Beras hitamĀ  juga memiliki kandungan gula rendah serta serat sehat dan kandungan senyawa yang memerangi penyakit jantung dan kanker.

Comments Closed

Comments are closed.