Freddy Numberi Inspeksi Mendadak

Author - September 7, 2010

Freddy Numberi Inspeksi Mendadak. Menteri Perhubungan Freddy Numberi melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (07/09) malam untuk melihat kondisi penumpang kereta api pada H-3 Lebaran.
Freddy Numberi Inspeksi Mendadak
Freddy datang pada pukul 18.50 dari Kementerian. Inspeksi dilakukan untuk memastikan penumpang dapat terangkut pada hari ini. “Kereta api telah menambah 28 rangkaian untuk melayani penumpang,” ujar Freddy.

Sejak H-5 lonjakan arus mudik sudah mulai terasa, terutama pada lalu lintas angkutan jalan. Freddy mengatakan, hal itu dilihat dari mulai padatnya berbagai jalur mudik dan kecelakaan lalu lintas yang tidak bisa dihindari.

Untuk itu, dia berharap meski macet, lalu lintas arus mudik tetap berjalan kondusif. “Kami minta para pengguna jalan agar tertib,” ujar Freddy yang ditemani Direktur Jenderal Perkeretaapian Tundjung Inderawan, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso.

Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, arus lalu lintas kian meningkat pada H-3 Lebaran. Sejumlah titik yang diperkirakan rawan dari kemacetan mulai memadat. “Kepadatan lalu lintas di sana sudah mulai terasa di Simpang Jomin,” kata Freddy Numberi.

Untuk mengurai kemacetan, petugas memberlakukan sistem buka tutup di Simpang Jomin, Cikampek, Karawang. Kepadatan lebih banyak didominasi pemudik bersepeda motor ketimbang kendaraan roda empat atau lebih. “Arus dari arah Cikopo mulai dialihkan menuju Cikampek,” ujar Elly Adriani Sinaga, Ketua Harian Shift II Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran 2010.

Volume kendaraan dari kawasan Jakarta dan sekitarnya bertumpuk di enam lokasi, yaitu Merak, Sadang, Tanjungpura, Ciasem, Cianjur, dan Ciamis. Volume sepeda motor naik 31 persen dibandingkan tahun lalu. Pada H-4 ini volume sepeda motor mencapai 123.018 unit dengan lonjakan tajam terjadi di Subang sebanyak 63.540 unit, atau naik 73 persen dibandingkan tahun lalu.

Untuk volume kendaraan tanpa sepeda motor pada H-4 hanya meningkat empat persen dibandingkan tahun lalu, atau 113.752 unit. Sedangkan pada tahun lalu volume sepeda motor sebanyak 108.963 unit. Peningkatan volume kendaraan paling signifikan terjadi di Subang, dari 42.310 unit pada 2009 menjadi 52.852 unit tahun ini.

Puncak kendaraan arus mudik dari Ibu Kota menuju Cirebon dan kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali, melalui pintu gerbang tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, terjadi sejak kemarin sore hingga pagi ini. Puncak kepadatan di tol Cikopo diperkirakan 47 ribu kendaraan, atau naik tiga kali lipat ketimbang hari biasa.

Comments Closed

Comments are closed.