Kecelakaan Kapal Gagasan Perak

Author - September 2, 2010

Kecelakaan Kapal Gagasan Perak. Sampai saat ini, Direktorat Polisi Air Kepolisian Daerah Jawa Timur masih menyelidiki penyebab terbakarnya kapal tanker MT Gagasan Perak, (28/8/2010) lalu di sebelah Pulau Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. Olah tempat kejadian perkara masih sulit dilakukan karena posisi kapal miring hingga 17 derajat. Meski demikian, Polisi menegaskan bahwa kecelakaan kapal tanker bermuatan minyak mentah tersebut tidak mengakibatkan pencemaran air laut.
Kecelakaan Kapal Gagasan Perak
“Bagian lambung kapal memang ada kerusakan, tapi tidak ada yang bocor sehingga tak ada pencemaran laut. Kami masih akan mengecek penyebab utama kecelakaan, apakah karena kelalaian atau kesengajaan,” kata Direktur Polisi Air Kepolisian Daerah (Dirpolair Polda ) Jatim Komisaris Besar Polisi Anang Hidayat, Kamis (2/9/2010) di Surabaya.

Menurut Anang, olah tempat kejadian perkara (TKP) baru bisa dilakukan setelah posisi kapal stabil. Rencananya, hari Jumat (3/9/2010) hingga Sabtu (4/9/2010) kapal akan digeser ke pelabuhan terdekat oleh PT Kangean Energy Indonesia (PT KEI).

Kapal tanker MT Gagasan Perak sampai saat ini masih berada di sebelah Pulau Sepanjang dengan kondisi bagian lambung, tepatnya kompartemen lima rusak. Saat kejadian, kompartemen yang berisi minyak tersebut terbakar ketika dilakukan pengisian di lepas pantai, sekitar 0,5 mil dari pantai.

“Kompartemen ini memiliki sistem otomatis untuk mematikan aliran minyak sehingga setelah terbakar, minyak tak sempat bocor ke lautan,” ucapnya.

Comments Closed

Comments are closed.