Penyebab Jalan Ambles

Author - September 22, 2010

Penyebab Jalan Ambles. Keadaan Jalan Raya RE Martadinata, Jakarta Utara, semakin tidak aman. Satu ruas di sebelah Jalan Raya RE Martadinata yang roboh, kini turun 2,6 cm. Penurunan ruas alan sepanjang 103 meter tersebut diduga akibat terkena abrasi air pasang laut.

Data tersebut didapat setelah lima  petugas dari kontraktor PT. Kolam Intan, Sabtu (18/9), mengukurnya selama satu jam di lokasi. Untuk menghindari warga mendekat petugas dari Kementrian Pekerjaan Umum menambah tanda bahaya di sekeliling jalan agar warga yang datang menjauh.

“Penurunan permukaan jalan sekitar 1-2 cm per jam, ini sangat bahaya. Namun kita masih melakukan penelitian lebih jauh dari ahli PU,” kata Indra Sosiawan, tim survei.
Rencananya hasil pengukuran tersebut akan disamakan dengan data-data yang didapat dari Kementrian PU. Data ini akan mengacu kepada benchmark di pintu 9 Pelabuhan Tanjung Priok. Benchmark sendiri merupakan tolak ukur nasional apakah memang ada penurunan jalan atau tidak.

Penyidikan masih terus dilakukan oleh Polres Jakarta Utara bersama Kementrian PU. Tim survei dari Kementerian PU juga menerjunkan tim Puslitbang Air Balai Pantai untuk meneliti hubungan arus air laut dengan amblesnya jalan itu.

Untuk mengetahui bentuk dasar laut, arus, kecepatan air, arah dan kedalaman air, dua petugas meneliti menggunakan alat sontek dan echosounder dari atas perahu. Dedi Junarsa, Kepala Seksi  Uji Mutu Puslitbang Air Kementerian PU mengatakan mereka juga meneliti hidrooceanografi atau hidrolik pantainya. Dari rekomendasi ini mereka akan dapat melakukan tindakan apa dari sisi keairan.

Walaupun jalan telah diblokir, warga yang datang ke lokasi masih ramai, padahal dijaga petugas kepolisian. Selain itu anak- anak berusia belasan tahun tampak asik bermain bola plastik tanpa alas kaki di bahu jalan yang ditutup petugas.

Comments Closed

Comments are closed.