Protes PEMILUKADA Gresik

Author - August 23, 2010

Protes PEMILUKADA Gresik. Proses pemilukada di Gresik, Jawa Timur, menuai protes. Ratusan pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Husnul Khuluk dan Musyafak Nur mendatangi Kantor DPRD Gresik, Senin (23/8). Mereka memprotes hasil coblos ulang pemilukada yang dinilai sarat kecurangan.

Semula aksi berlangsung damai. Namun, ketika massa berusaha menerobos barikade polisi, kericuhan menjadi tak terhindarkan. Beruntung, pimpinan DPRD Gresik mau keluar menemui pengunjuk rasa, sehingga kericuhan tak berlangsung lama.

Dalam pertemuan dengan pimpinan DPRD, massa mengungkapkan sejumlah kecurangan pada coblos ulang Agustus silam. Hal serupa juga pernah disampaikan ketika massa mendatangi Kantor KPU dan Panwaslu Gresik. Dalam tuntutan itu, mereka mendesak KPU segera memproses dugaan pelanggaran pemilukada.

Sengketa pemilukada Gresik bermula dari protes kubu Sambari Qosim atas hasil pemungutan suara yang dimenangkan kubu Husnul-Musyafak. Namun, dalam sidang Mahkamah Konstitusi memerintahkan digelarnya coblos ulang di sembilan kecamatan. Hasil coblos ulang itu kubu Sambari-Qosim yang menang.

Saat ini kasus sengketa pemilukada Gresik masih ditangani MK. Putusan akhir dari sengketa pemilukada Gresik baru akan diambil dalam sidang MK, 25 Agustus besok.

Comments Closed

Comments are closed.