Rupiah Kembali Melemah

Author - November 18, 2010

Rupiah Kembali Melemah – Meski sempat naik, kurs rupiah terhadap dollar AS turun menjadi 21 poin karena aksi lepas rupiah berlanjut meskipun dollar AS di pasar regional melemah.Jakarta, kamis 18/11/2010.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun menjadi Rp 8.957-Rp 8.967 per dollar dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya Rp 8.936-Rp 8.946.

Dikutip dari Kompas.com. Analis PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova, di Jakarta, Kamis, mengatakan, pelaku pasar khususnya asing masih melepas rupiah karena mereka khawatir terhadap krisis utang di Irlandia yang merembet ke kawasan Eropa lainnya. Selain itu juga, mereka sedang memfokuskan perhatian dengan adanya pengawasan arus modal oleh bank sentral di Asia.

Saat ini Dollar terhadap euro turun dari 11,3488 menjadi 1,3530 dan terhadap yen menjadi 83,16 dari sebelumnya 83,28.Dollar AS makin tertekan dengan adanya data ekonomi AS menunjukkan harga konsumen AS meningkat yang berarti bahwa pertumbuhan AS lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya.

Rupiah saat ini sedang di arahkan ke level Rp 9.000 per dollar agar eksportir dapat berusaha dengan baik.Baik eksportir maupun importir dapat melakukan kegiatan usahanya dengan baik, eksportir dapat menetapkan harga di pasar ekspor, sedangkan importir masih dapat membeli kebutuhan bahan baku impor karena harga dollar sesuai dengan pasar.

Comments Closed

Comments are closed.