Tulisan Adjie Suradji

Author - September 6, 2010

Tulisan Adjie Suradji. Jarang-jarang anggota TNI mengkritik presiden secara terbuka. Menulis opini di koran. Tapi itulah yang dilakukan oleh Kolonel Adjie Suradji hari ini. Dia menulis opini dengan judul: Pemimpin, Keberanian dan Perubahan.
Tulisan Adjie Suradji
Dalam tulisan itu, Adjie mengutip Bill Newman tentang kepemimpinan. Di situ disebutkan bahwa yang membedakan seorang pemimpin sejati dan seorang manager biasa adalah keberanian.

Keberanian datang dari kepribadian yang kuat, sementara keraguan lahir dari kepribadian yang goyah. Keberanian mementingkan aspek keselamatan di luar (rakyat), sementara keraguan mementingkan aspek keselamatan diri sang pemimpin.

Lantaran tulisannya itu, Adjie sudah ditegur oleh Panglima Angkatan Udara, “Soal sanksi segera diberi, tapi masih dipelajari,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Bambang Samudro, Senin 6 September 2010. Hingga kini, lanjut Bambang, Adjie belum menjelaskan soal motif tulisan itu.

Berikut beberapa penggalan tulisan Adjie Suradji itu.

Sayang, hingga presiden keenam (SBY), ada hal buruk yang tampaknya belum berubah, yaitu perilaku korup para elite negeri ini. Akankah korupsi jadi warisan abadi? Saatnya SBY menjawab. Slogan yang diusung dalam kampanye politik, isu ‘Bersama Kita Bisa’ (2004) dan ‘Lanjutkan’ (2009), seharusnya bisa diimplementasikan secara proporsional.

…SBY yang dipilih 60 persen rakyat kenyataannya masih memimpin seperti sebagaimana para pemimpin yang dulu pernah memimpinnya..

..Dalam konteks korupsi yang kian menggurita, tersisa pertanyaan, apakah SBY hingga 2014 mampu membawa  negeri ini betul-betul terbebas dari korupsi..

Comments Closed

0 responses to “Tulisan Adjie Suradji”

  1. memet says:

    gimana lagi pak wong memang udah tradisi di indonesia

  2. thomo says:

    betul betul pemimpin haruslah tegasII kata pak adji harus kita dukung krn negara indonesa klu gak ada pemimpin yg tegas (indonesa mau jadi apa?)apa kata duniaaa…..