Ucapan Hari Kemerdekaan. Pemerintah Amerika Serikat pada Sabtu, 14 Agustus 2010 pekan lalu menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan RI ke-65. Dalam ucapannya, pemerintah Amerika menilai saat ini Indonesia telah menjadi inspirasi bagi negara-negara di dunia di bidang demokrasi.
Ucapan Hari Kemerdekaan
” Mewakili Presiden Obama dan rakyat Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-65 pada 17 Agustus ini,” kata  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton dalam pesan yang disampaikan oleh Departemen Luar Negeri AS di Washington, Sabtu lalu.

Amerika, kata Hillary, ikut merayakan sejarah Indonesia yang begitu kaya dan menekankan kembali hubungan baik antar kedua negara. Ia juga memuji proses demokratisasi yang selama ini dibangun oleh Indonesia.

“Perubahan Indonesia menjadi negara dengan demokrasi yang tumbuh subur dan memiliki lembaga-lembaga kuat serta masyarakat madani yang berkembang merupakan inspirasi bagi masyarakat dunia,” kata Hillary.

Hillary melihat bahwa nilai-nilai bersama yang dimiliki AS dan Indonesia telah membentuk landasan kerjasama di berbagai bidang. Dari masalah keamanan kawasan dan perang melawan terorisme hingga ke aspek meningkatkan kesempatan pendidikan serta memajukan pembangunan ekonomi.

Indonesia merupakan salah satu dari sejumlah negara yang pertama kali dikunjunginya setelah dipilih Presiden Barack Obama sebagai Menteri Luar Negeri AS tahun lalu.

Kemitraan Menyeluruh antara AS dan Indonesia yang baru-baru ini diluncurkan disebut Hillary sebagai momen bersejarah dalam hubungan kedua negara.

AS, katanya, terus bertekad untuk meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan dan membangun kerjasama yang berkelanjutan dengan Indonesia dalam masalah-masalah bilateral, regional dan global.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kemerdekaan dengan aman dan gembira serta semoga pada tahun mendatang selalu berada dalam kedamaian dan kesejahteraan,” kata Hillary.