Yogyakarta, Riwayatmu Kini?

Author - December 12, 2010

Yogyakarta, Riwayatmu Kini?i-berita.com, Merubah status istimewa menjadi tidak istimewa atau daerah khusus menjadi tidak khusus untuk Yogyakarta tidak mudah, karena status keistimewaan untuk Yogyakarta itu sudah dijamin oleh Undang-undang.

“Pemerintah nggak usah lah mempermasalahkan sesuatu yang tidak dipermasalahkan oleh rakyat. Kalau rakyat Yogyakarta menerima keistimewaan itu ngapain dipersoalkan,” tandas Basofi Sudirman, mantan Gubernur Jawa Timur.

Menurut sesepuh Jawa Timur ini pemerintah terkesan mencari-cari masalah yang tidak ada manfaatnya.

“Lho masyarakat di sana tenang-tenang aja kok. Apakah pernah masyarakat Yogyakarta demo menggugat gubernurnya yang tidak dipilih langsung? Kan tidak pernah ada,” tandas Basofi.

Menurut pelantun lagu ‘Tidak Semua Laki-laki’ ini, banyak daerah yang memiliki keistimewaan, namun bentuknya berbeda-beda. Khusus Yogyakarta, keistimewaan itu dicirikan dengan penetapan gubernur yang tidak dipilih.

“Di daerah banyak yang istimewa, tapi istimewanya kan beda-beda. Yogyakarta punya perbedaan, karena gubernur tidak dipilih,” terangnya.

Bagi Basofi, sistem yang selama ini sudah dijalankan di Yogyakarta sebaiknya diteruskan saja agar ketenangan rakyat di daerah Gudeg itu tidak terusik.

Comments Closed

Comments are closed.