Kecelakaan MotoGP. MotoGP kembali berduka setalah Kematian Shoya Tomizawa dalam balapan Moto2 di MotoGP San Marino membuat pihak MotoGP langsung bekerja keras untuk memikirkan perlindungan tambahan untuk seorang rider.
Kecelakaan Motogp
Tomizawa mengalami kecelakaan maut di Misano, Minggu 5 September 2010. Setelah terjatuh dari motor, rider asal Jepang itu kemudian tertabrak dua rider dibelakangnya, Alex de Angelis dan Scott Redding. Rider 19 tahun itu mengalami cedera di bagian tengkorak kepala, dada dan perut

Rider FIAT Yamaha Valentino Rossi menggambarkan kecelakaan yang menimpa Tomizawa tidak bisa dihindari. Delegasi Keselamatan MotoGP Franco Uncini menegaskan pihaknya sedang bekerja keras untuk menambah perlindungan keselamatan agar kecelakaan seperti yang menimpa Tomizawa tidak terulang.

“Kami bisa katakan apa kecelakaan yang terjadi tidak ada hubungannya dengan keselamatan sirkuit. Cedera seperti ini sayangnya bisa terjadi kapan pun,” ujar Uncini seperti dikutip Autosport, Senin 6 September 2010.

“Dengan teknologi yang kami miliki saat ini, sangat sulit untuk memecahkan masalah ini, tapi kami sedang bekerja menyelesaikan masalah ini dan berusaha mendapatkan sesuatu yang bisa mencegah kecelakaan seperti ini di masa depan.”

Salah satu teknologi yang sedang difokuskan adalah suatu perlindungan ekstra yang akan bisa digunakan oleh rider.

“Fokusnya pada perlindungan di seluruh badan rider, karena kecelakaan ini tidak ada hubungannya dengan keamanan sirkuit. Langkah ini sudah dimulai dengan adanya kulit dan helm yang fantastis, tapi satu-satunya cara menyelesaikan masalah ini adalah memiliki teknologi yang lebih baik,” pungkas Uncini.