Suporter Indonesia Jangan Tiru Suporter Malaysia

Author - December 27, 2010

Suporter Indonesia Jangan Tiru Suporter Malaysia i-berita.com, Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan dalam final Piala AFF leg kedua Cup di stadion Gelora Bung Karno Jakarta Rabu (29/12) lusa. Polda Metro Jaya (PMJ) meningkatkan pengamanan dengan menambah jumlah personil hingga tiga kali lipat dari jumlah personel yang diturunkan saat semi final lalu.

Prediksi kita besok memang cukup rawan. Sehingga kita harus menyiapkan kekuatan yang cukup. Selain kekuatan yang ada di dalam nanti sekitar 3200 (personel), jadi kira-kira jumlahnya mencapai 9 ribu dengan cadangan kita yang ada,” ujar Kapolda di Mabes Polri, Senin (27/12) siang.

Jumlah personil itu tambah, mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid itu, akan digunakan untuk pengamanan dan pemeriksaan berlapis. Termasuk juga untuk mencegah aksi tidak sportif yang ditunjukkan pendukung Malaysia dengan menyorotkan sinar laser ke arah penjaga gawang Indonesia, Markus pada leg I final AFF di Bukit Jalil, Malaysia kemarin.

“Pola pengamanannya, dari orang berangkat sudah kita lakukan pemeriksaan. Kemudian di jalan-jalan masuk mendekati (GBK) kita akan lakukan pemeriksaan lagi. Kemudian di pintu kita lakukan lagi pemeriksaan untuk meng-clearkan masyarakat yang masuk ke stadion itu tidak membawa petasan, kembang api, benda-benda tajam, termasuk laser,” paparnya.

Sutarman mengancam penonton yang kedapatan membawa benda-benda terlarang, akan dikeluarkan dari stadion. “Kemudian kita informasikan kepada masyarakat. Kalau kedapatan dia membawa kembang api dinyalakan di situ atau petasan kita akan keluarkan. Termasuk laser. Kita akan keluarkan dari stadion,” imbuhnya.

Karena itulah Sutarman meminta suporter untuk tetap tertib dan tidak melakukan perbuatan yang tidak sportif. “Jadi kita jangan terpancing emosi. Kita tunjukkan bahwa kita bangsa yg menghormati nila-nilai sportivitas,”

Comments Closed

Comments are closed.